Tentang Kami


RIWAYAT SINGKAT YAYASAN ORHIBA




Sekitar tahun 1941 Bapak U.T. SAERANG, seorang petani asal Remboken, Sulawesi Utara yang berdomisili di Desa Galekan, Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur, menciptakan suatu olah raga yang ia namakan "OLAH RAGA HIDUP" berdasarkan inspirasi yang diterimanya. Kemudian olah raga ini dikenal sebagai "ORHIBA" singkatan dari OLAH RAGA HIDUP BARU. Barangsiapa melakukan ORHIBA akan menikmati HIDUP BARU, bebas dari gangguan fisik dan mental.

Mula-mula ORHIBA hanya dikenal dan dipraktekkan terbatas pada kalangan warga di desa-desa di Banyuwangi, Jember dan Bali. Namun setelah terbukti bahwa OLAH RAGA HIDUP ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan taraf kesehatan jasmani dan mental, dapat menghilangkan berbagai penyakit serta gangguan kesehatan, beberapa tokoh masyarakat dari kota besar seperti Malang, Surabaya, dan Jakarta yang mendengar dan merasakan manfaat ORHIBA, sepakat untuk menyebarkan olah raga ini kepada masyarakat luas.

Pada tahun 1964 dibentuklah Yayasan ORHIBA di kota Malang, dengan Akta Notaris R. Soediono No. 6 tertanggal 5 Februari 1964. Ketua Yayasan ORHIBA yang pertama adalah Bapak R. HARYONO (alm).

Menyadari bahwa ORHIBA perlu diperkenalkan dan disebarkan tidak saja di tanah air tetapi juga di luar negeri, maka dipandang perlu untuk memindahkan kedudukan Yayasan ORHIBA ke ibukota Republik Indonesia. Tahun 1968 kedudukan Yayasan ORHIBA dipindahkan ke Jakarta dengan Akta Notaris H. Zawir Simon S.H., No. 33 tertanggal 25 Mei 1970. Kepindahan Yayasan berlaku surut sejak tanggal 8 Agustus 1968.

Sejak pindah ke Jakarta, Ketua Umum Yayasan ORHIBA adalah Bapak R.S. SOEKANTO, Jenderal (Purn.) POLRI, Kepala Kepolisian Negara R.I. yang pertama. Beliau memimpin Yayasan ORHIBA selama 35 tahun.

Setelah Bapak R.S. Soekanto wafat pada tahun 1993 pengurus Yayasan ORHIBA bertekad untuk meneruskan tugas kemanusiaan mengajarkan ORHIBA kepada siapa saja yang ingin meningkatkan taraf kesehatan jasmani dan mentalnya.

Pengurus Yayasan ORHIBA diperbaharui berdasarkan Akta Notaris H. Zawir Simon No. 65 tertanggal 15 Februari 1994 di Jakarta, dan telah didaftarkan pada Pemerintah Kotamadya Jakarta Selatan, berdasarkan Surat Domisili Perusahaan No. 30/7/1994. tertanggal 3 Maret 1994, Yayasan ORHIBA telah pula terdaftar pada Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, pada tanggal 20 April 1994.

Ketua Yayasan ORHIBA periode ke-4 adalah Bapak Drs. JAN MOKOGINTA (alm), seorang apoteker, mantan anggota DPR/MPR R.I. (1994-2004).

Ketua Yayasan ORHIBA masa kini adalah Bapak H. MOHAMAD SJOFJAN  KS.

Yayasan ORHIBA PUSAT adalah induk (pusat) dari Komisariat, cabang-cabang, dan perwakilan ORHIBA yang ada di daerah-daerah di seluruh Indonesia, dan luar negeri.

***
©copyright 2012